NGARAI SIANOK YANG MEMPESONA

Bagi para pecinta alam pasti tidak asing dengan tempat satu ini.sebuah lembah curam hijau yang dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan di dasarnya mengalir anak sungai yang berliku di antara celah-celah tebing terjal dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Ya, itulah Ngarai Sianok atau Lembah Pendiang yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi dengan Kecamatan IV Koto,Kabupaten Agam,Sumatera Barat. Sungguh suatu kesempatan luar biasa bisa menatap langsung salah satu maha karya sempurna dari sang pencipta ini. 
Ngarai Sianok adalah lembah indah yang menjadi salah satu ikon pariwisata paling populer di Sumatera Barat. Lembah ini terletak di Gunung Singgalang, tepatnya di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kita dapat menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor untuk mencapai ke lembah ini.

Lembah ini dinamai dengan nama Ngarai Sianok karena dialiri “Batang Sianok” yang berarti sungai yang jernih. Kedalaman jurang terjal ini mencapai 100 meter dan membentang sepanjang 15 kilometer. Pemandangannya sangatlah indah, dengan pohon-pohon besar yang mengelilingi lembah, sungai-sungai kecil, tebing-tebing dan juga dedaunan hijau. Udara di lembah ini pun sangat sejuk, dan yang membuat lembah ini lebih istimewa ialah monyet-monyet liar yang hidup bebas di tempat itu. Pemandangan yang disajikan Ngarai Sianok sangat menyegarkan mata dan yang pastinya menjadi surga bagi para fotografer dan juga pecinta alam.

Selain keindahan alam, Ngarai Sianok juga menyajikan wisata sejarah, yakni Lobang Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada saat Perang Dunia Dua oleh penduduk setempat. Letaknya 40 meter di bawah tanah dan merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun untuk kepentingan pertahanan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. VISIT AGAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger